Sabtu, 24 November 2012

INTISARI BUKU


TUGAS BAHASA INDONESIA
INTISARI BUKU


Nur Permata Sari
XII IPA 2






Judul buku                : You can change your life : Aim for success
Pengarang                  : Aaron Lumpkin
Penerbit                      : Esensi
Tahun terbit              : 2006

Seringkali kita menemui berbagai keadaan yang bermacam-macam dalam hidup ini. Terkadang kita kecewa, puas, bahagia, sedih, senang, optimis, pesimis dan lainnya. Setiap perasaan yang datang selalu menghadirkan tindakan kita dalam menyikapinya. Cara kita menyikapinya pun berbeda-beda. Cara bersikap terhadap suatu keadaan bisa menimbulkan akibat bagi masa depan kehidupan kita.

Tentunya, kita berharap selalu dapat mengatasi segala permasalahan yang ada.Tidak salah sikap ataupun salah tindakan. Namun pada kenyataannya, kecenderungan kita bersikap masa bodoh dan terlalu enggan menyikapi permasalahan yang ada kebanyakan kata pasrah terlontar dalam otak kita. Dan akhirnya kita salah ambil sikap dan tindakan. Kita sering pula menyia-nyiakan waktu kita untuk meratapi kekecewaan. Akibatnya kita kehilangan banyak waktu untuk menikmati hidup. Apalagi jika kita menyadarinya sudah terlambat, alhasil hidup kita menjadi kurang bermakna dan cenderung membosankan. Dan hidup kita berlalu begitu saja serta biasa saja. Jauh dari apa yang diharapkan dan dimimpikan. 

Alasan pertama hidup begitu sulit adalah karena orang-orang bersikap seperti apa adanya. Orang tidak akan bertindak berbeda sampai kita berubah. Kadang tidak ada usaha untuk merubah jalan hidup, selalu pasrah akan cobaan yang menimpa tidak ada semangat untuk mengubah gaya hidup sehingga terkesan monoton. Itulah yang menyebabkan bahwa orang menganggap hidup itu sulit, penuh dengan rintangan dan terasa membosankan. Faktanya, ada delapan bahaya besar dalam kehidupan yang tertulis di buku ini yang menghambat kita dalam mencapai tingkat kepuasan diri yang lebih tinggi.

Hidup dapat bernilai jika kita sendiri bisa mengubahnya. Kita tidak bisa mengulang hidup karena hidup hanya satu kali. Maka dari itu jangan membuang kesempatan hidup yang hanya satu kali. Sesungguhnya kita semua memiliki kemampuan untuk menjalani kehidupan yang bermakna dan membahagiakan. Manusia hidup pasti memilik tujuan. Namun, belum sepenuhnya kita tahu apa tujuan hidup kita.

Untuk membuat hidup berarti, kita harus mengetahui apa saja yang membuat hidup kita terasa sulit. Kita juga harus mengenal apa saja yang membahayakan kehidupan kita.. apa yang membuat hidup kita terasa sulit serta hal-hal yang membahayakan kehidupan kita. Menyemangati kita untuk memanfaatkan kekuatan kita dan memperluas cara kita terhadap diri sendiri. 

Kehidupan adalah pengalaman belajar yang terus-menerus. Jika kita tidak bahagia, ketidakpuasan kita memiliki alasan. Sikap ini tidak mudah diatasi karena tertanam dalam jiwa kita. Namun perlu disadari bahwa kita harus menghindari delapan bahaya besar dalam kehidupan ini. 

Meski dibutuhkan kekuatan dan ketekunan untuk terus melakukan tindakan dalam hidup dan tidak menyerah. Kita perlu mengambil risiko untuk keluar dari mimpi kita. Awal menjalani hidup yang lebih bermakna adalah menyadari bahwa orang menjadi seperti adanya karena alasan tertentu, kita tidak ditakdirkan seperti itu. Jika kita percaya bahwa kita diciptakan karena suatu alasan, hidup kita akan menjadi sangat penting. Kita harus mengerti bahwa kita semua dibutuhkan untuk membuat dunia berputar. Setiap usaha yang dilakukan manusia pasti ada tantangannya. Tantangannya adalah berusaha menerima diri kita seperti adanya dengan segala kekurangan, cacat, dan kelemahan, di dunia yang mengagungkan kecantikan, kekuatan, pencapaian, pemuasan diri, dan kecukupan diri. Kita harus berhenti berusaha menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri. 

Kita harus memilih untuk bahagia dan sukses, baik itu masuk akal atau tidak. Kita tidak akan pernah menemukan keadaan yang tepat yang memberi kita kemenangan secara tetap. Hambatan terbesar dalam membuat perubahan positif dalam hidup kita adalah kurangnya dorongan. Banyak dari kita menahan diri karena tidak bisa keluar dari kerangka berpikir kita yang sekarang. Ketika merasa putus asa, kita bertindak seakan tidak ada lagi harapan, dan kita kadang merusak peluang sukses kita sendiri. Kita perlu keberanian yang besar untuk menyadari bahwa kita mungkin tidak berada di jalan yang benar. Sampai kita berubah atau mempertanyakan keyakinan ini, Kita ditakdirkan untuk hidup berdasarkan pikiran bawah sadar Kita. Ada aturan kesuksesan tertentu yang akan selalu berhasil. Meninggalkannya berarti mengundang masalah. Jika kita ingin mencapai apa pun dalam hidup ini, kita harus maju. Kita harus mengatasi pikiran dan rintangan apa pun yang menghalangi. Kita harus meraih kemenangan. Kunci untuk menemukan makna adalah mengartikan kejadian dalam hidup kita dengan tujuan untuk menemukan makna hidup.

Hidup adalah perjalanan. Sadarilah bahwa jiwa kita tidak berjuang, kita mungkin tidak menjalani kehidupan terbaik yang kita bisa. Kita mungkin tidak berusaha mencapai tingkat kehidupan yang mampu kita capai. Kita harus mencari realitas dan spiritualitas terbaik untuk diri sendiri, keluarga, dan teman. Kita hanya mendapat satu kesempatan hidup. Jika kita membidik kesuksesan, kita akan menemukan kedamainan dan kebahagiaan hidup.

Kalimat motivasi
about life..
Hidup bukanlah sebuah masalah melainkan sebuah pengalaman. Bukan apa yang terjadi di sekitar kita yang penting, melainkan apa yang kita lakukan dengan kemampuan kita.
Terlalu banyak orang yang menghabiskan hidupnya bersiap-siap untuk hidup. Hidup adalah perjalanan yang dinikmati sekarang.
Menjadi hebat mengharuskan kita fokus pada apa yang ingin kita capai dan menyadari bahwa kita ada di sini untuk suatu alasan. Tidak ada yang tiba-tiba menjadi hebat.
Dalam pertandingan kehidupan, setiap hari adalah kejuaraan kita. Kita menciptakan hidup kita setiap waktu. Cara kita memandang diri sendiri sekarang menentukan apa yang terjadi pada kita.
Kehidupan adalah pengalaman belajar yang terus-menerus. Kita harus membiarkan hidup mengajar kita. Bersedialah membuat perubahan. Beranilah menghadapi diri sendiri.

hidup cuma 1x, so enjoy it! we deserve to be happy!
Kita hanya mendapat satu kesempatan hidup. Jika hidup kita kekurangan makna-kebahagiaan-tujuan, kita tidak perlu menyia-nyiakannya dengan apatisme-ketidaktertarikan-sikap mengasihani diri sendiri-keputusasaan.
Kita tidak boleh membiarkan opini orang lain-kebiasaan kita-keraguan diri-citra diri yang buruk-ketidakberuntungan-pilihan kita yang tidak bijak, menjauhkan kita dari hidup yang kaya dan menarik.
Kita berhak untuk bahagia.

i love (being) me!
Tantangan kehidupan adalah menerima diri kita seperti adanya dengan segala kekurangan-cacat-kelemahan di dunia yang mengagungkan kecantikan-kekuatan-pencapaian-pemuasan diri-kecukupan diri.
Triknya adalah melihat nilai kita tanpa membiarkan orang lain membuat kita merasa kurang dari yang sebenarnya. Kita harus berhenti berusaha menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri.

it’s all about you!
Bukan nasib yang menentukan, melainkan diri kita sendiri. Rahasia menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan dan bermakna adalah menyadari bahwa kita memegang kendali. Kuncinya adalah tidak membiarkan orang lain dan kejadian mengendalikan hidup kita.
Jika kita ingin maju, kita harus sadar bahwa kita perlu mengurus diri sendiri dan berhenti membiarkan orang lain menguasai kita. Kita menciptakan dunia kita sendiri.

we (do) can change!
Dunia tidak berubah, kitalah yang berubah. Tidak ada yang terjadi secara kebetulan, kitalah yang membuatnya terjadi.
Bukan kita tidak bisa (berubah), kita cuma tidak mau dan beranggapan segala sesuatunya terlalu sulit. Kita menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa hidup hanya untuk mereka yang menarik, beruntung dan kuat. Kita tidak perlu membuang waktu dengan berpikir bahwa kita tidak mampu mengubah hidup. Kita harus terus maju.
Percaya bahwa perubahan itu mungkin.
Percayalah: ”Saya bisa mengatasi hambatan apa pun. Saya bisa mengatasi apa pun.”
Jika kita tidak melakukan perubahan, tidak akan ada yang berubah dalam hidup kita. Hidup tidak akan membuat kita bahagia, kitalah yang membuat diri sendiri bahagia.

now or never!
Kita semua memiliki mimpi yang tidak terwujud karena kita menunggu waktu yang tepat, waktu yang sempurna, inspirasi yang menakjubkan, kata-kata yang sempurna atau pasangan yang tidak bisa diraih. Tidak ada waktu yang sempurna, yang ada hanya sekarang.
Sekaranglah saatnya untuk menjadi suami, istri, ibu, ayah, anak atau teman yang lebih baik. Terbukalah untuk membuat beberapa keputusan baru sekarang, sebelum terlambat.
Setiap hari adalah petualangan baru. Kita hanya punya 1 kesempatan untuk hidup dan kesempatan itu adalah sekarang.

be brave!
Tidak berani menjalani kehidupan kita sendiri adalah kesalahan terbesar dalam hidup. Keberanian adalah inti kesuksesan. Kita semua memiliki keberanian lebih dari yang kita sadari.

what is important..
Bukan hari yang penting, kitalah yang penting. Sikap, citra diri, tingkat keberanian kitalah yang akan menentukan keberadaan kita hari ini.
Ini bukan tentang apa yang diberikan hari kepada kita, melainkan apa yang kita bawa ke dalam hari. Yang penting adalah apa kita lakukan dengan hari ini.
Inilah saatnya menyingkirkan beberapa perilaku negatif sehingga kita bisa menyenangi perubahan. Jadilah diri sendiri yang unik.
Berhenti berpikir: ”Saya tidak bisa melakukannya.”
Masa depan bukanlah misteri. Yang terjadi pada kita di masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan sekarang. 

Tidak ada komentar: