Minggu, 18 November 2012

RESENSI BUKU Nonfiksi

KIAT SUKSES DALAM HIDUP
Oleh Nur Permata Sari
Judul buku                         : You Can Change Your Life : Aim For Success
Penulis                                 : Aaron Lumpkin
Penerbit                               : Erlangga
Tahun terbit                       : 2006
Jumlah halaman                 : 124 halaman 
         Aaron Lumpkin adalah pembicara yang memotivasi, menyemangati, dan member inspirasi. Selain menjadi pembicara public, ia juaga mengajar dan berkhotbah dari penjara ke penjara selama hamper 20 tahun.  Setelah sukses dengan bukunya You Can Be Positive, Confident and Courageous,  Aaron Lumpkin kembali menggugat kehidupan yang biasa-biasa saja (mediocre) lewat buku terbarunya You Can Change Your Life. Lumpkin mengingatkan kita akan fakta yang sering kita lupakan: hidup hanya satu kali, tak ada pengulangan, tanpa fitur undo. Terlepas dari menyadari fakta itu atau tidak, banyak orang menjalani hidupnya dengan cara yang biasa-biasa saja. Mereka terlanjur percaya bahwa hidup mereka memang sudah digariskan 'begini', tak bisa diubah. Lumpkin memelekkan kita bahwa hidup bisa diisi dengan sejuta makna. Dengan kebijaksanaannya yang mudah dicerna, ia meyakinkan kita bahwa hidup kita berharga dan merupakan bagian penting dari dunia.
Hidup dapat bernilai jika kita sendiri bisa mengubahnya. Kita tidak bisa mengulang hidup karena hidup hanya satu kali. Maka dari itu jangan membuang kesempatan hidup yang hanya satu kali. Sesungguhnya kita semua memiliki potensi untuk menjalani kehidupan yang bermakna dan membahagiakan. Manusia hidup pasti memilik tujuan. Namun, belum sepenuhnya mereka tahu apa tujuan hidup mereka.
            Dua tujuan utama buku ini adalah untuk menyemangati kita untuk memanfaatkan kekuatan kita dan memperluas cara pandang terhadap diri sendiri. Alasan pertama hidup begitu sulit adalah karena orang-orang bersikap seperti adanya. Orang tidak akan bertindak berbeda sampai mereka berubah. Itulah yang menyebabkan bahwa orang menganggap hidup itu sulit, penuh dengan rintangan dan terasa membosankan. Ada delapan bahaya besar dalam kehidupan yang tertulis di buku ini yang menghambat kita dalam mencapai tingkat kepuasan diri yang lebih tinggi. Kehidupan adalah pengalaman belajar yang terus-menerus. Jika kita tidak bahagia, ketidakpuasan kita memiliki alasan. Sikap ini tidak mudah diatasi karena tertanam dalam jiwa kita. Namun perlu disadari bahwa kita harus menghindari delapan bahaya besar dalam kehidupan ini.
            Buku Lumpkin ini mengingatkan kita dengan buku Jika Sungguh-sungguh Pasti Berhasil karya Amirulloh Syarbini d.k.k. yang juga mengangkat tema motivasi hidup. Keduanya menjelaskan tentang kiat-kiat meraih sukses dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam buku Jika Sungguh-sungguh Pasti Berhasil disertai dengan cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan  kisah menakjubkan orang-orang sukses menjadi pelengkap buku ini. Sedangkan karya Lumpkin ini hanya menjelaskan kiat-kiat sukses tanpa cara pengaplikasiannya dalam hidup. Bahasa yang digunakan dalam buku Lumpkin lebih sukar dimengerti dan agak sedikit kaku karena buku ini merukan terjemahan. Sedangkan, bahasa yang dalam buku karya Amirulloh d.k.k lebih mudah dipahami dan simpel.
Buku ini memberitahu pembaca tentang indahnya hidup. Meski dibutuhkan kekuatan dan ketekunan untuk terus melakukan tindakan dalam hidup dan tidak menyerah. Kita perlu mengambil risiko untuk keluar dari mimpi kita. Awal menjalani hidup yang lebih bermakana adalah menyadari bahwa orang menjadi seperti adanya karena alasan tertentu, mereka tidak ditakdirkan seperti itu. Jika kita percaya bahwa kita diciptakan karena suatu alasan, hidup kita akan menjadi sangat penting. Kita harus mengerti bahwa kita semua dibutuhkan untuk membuat dunia berputar. Setiap usaha yang dilakukan manusia pasti ada tantangannya. Tantangannya adalah berusaha menerima diri kita seperti adanya dengan segala kekurangan, cacat, dan kelemahan, di dunia yang mengagungkan kecantikan, kekuatan, pencapaian, pemuasan diri, dan kecukupan diri. Kita harus berenti berusaha menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri.
Walaupun terdengar bodoh, kita harus memilih untuk bahagia dan sukses, baik itu masuk akal atau tidak. Kita tidak akan pernah menemukan keadaan yang tepat yang memberi kita kemenangan secara tetap. Sadarilah, hambatan terbesar dalam membuat perubahan positif dalam hidup kita adalah kurangnya dorongan. Banyak dari kita menahan diri karena tidak bisa keluar dari kerangka berpikir kita yang sekarang. Ketika merasa putus asa, kita bertindak seakan tidak ada lagi harapan, dan kita kadang merusak peluang sukses kita sendiri. Kita perlu keberanian yang besar untuk menyadari bahwa kita mungkin tidak berada di jalur yang benar. Sampai Anda berubah atau mempertanyakan keyakinan ini, Anda ditakdirkan untuk hidup berdasarkan pikiran bawah sadar Anda. Ada aturan kesuksesan tertentu yang akan selalu berhasil. Meninggalkannya berarti mengundang masalah. Jika kita ingin mencapai apa pun dalam hidup ini, kita harus maju. Kita harus mengatasi pikiran dan rintangan apa pun yang menghalangi. Kita harus meraih kemenangan. Kunci untuk menemukan makna adalah mengartikan kejadian dalam hidup kita dengan tujuan untuk menemukan makna hidup.
Dalam buku ini penulis mengajak pembaca untuk melihat dunia. Tentang arti sebuah hidup. Karena manusia tidak ada yang sempurna jadi perbaikilah setiap kesalahan yang telah diperbuat untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Buku ini tidak hanya memotivasi pembaca atas tulisannya, disetiap akhir bab, pembaca diajak merenungkan kembali terhadap permasalahan yang telah diulas sehingga bisa membantu pembaca mengintropeksi diri. Disertai dengan contoh cerita kehidupan orang lain, membuat tulisan ini semakin menarik karena dapat memahami permasalahan yang terjadi. Penulis juga menerangkan bahwa ada kehidupan lain setelah masa kini, yang artinya perjuangan hidup bukan hanya untuk masa kini tetapi untuk kehidupan lainnya. Diakhir bab ini penulis memberitahu akan pentingnya spiritualitas dalam diri manusia sebagai salah satu faktor untuk meraih kesuksesan hidup. Selain itu bahasa dalam buku ini mudah dipahami.
Di bagian pertengahan sampai bagian akhir pembaca akan sedikit merasa bosan karena tidak adanya ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa memberi gambaran tentang pokok yang diulas. Selain itu pembaca diajak untuk berpikir dan menyimpulkan sendiri tentang sesuatu yang dianggap penulis sama dengan pemikirannya, padahal belum tentu pemikiran pembaca dan penulis sama karena sudut pandang yang mungkin berbeda.
Pada akhirnya, buku ini sangat cocok untuk di baca oleh seluruh kalangan. Apalagi bagi mereka yang merasa hidupnya kurang bermakna dan bernilai. Buku ini cocok bagi generasi muda yang ingin berhasil meraih cita-cita dan kesuksesan dalam kehidupannya, baik sekarang ataupun nanti.

Tidak ada komentar: