Minggu, 18 November 2012

Sistem Jaringan Epidermis

JARINGAN EPIDERMIS
Epidermis berasal dari kata epi yang artinya luar atau tepi dan dermis yang artinya kulit atau lapisan. Epidermis dapat diartikan sebagai kulit terluar. Seperti pada hewan, lapisan epidermis pada tumbuhan berada di bagian luar organ yang dilapisinya. Lapisan sel epidermis tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Pada jenis-jenis tumbuhan tertentu, sel-sel pada epidermis dapat bermodifikasi membentuk rambut, kelenjar, duri, atau serat. Epidermis pada beberapa jenis tumbuhan juga menyekresikan lapisan lilin untuk mencegah penguapan air yang berlebihan. Lapisan lilin tersebut dinamakan kutikula.
Ciri-ciri jaringan epidermis pada tumbuhan adalah:
*      Terdiri atas sel-sel hidup.
*      Berbentuk persegi panjang/balok/kotak.
*      Sel-selnya rapat dan tidak memiliki ruang antarsel.
*      Umumnya tidak memiliki klorofil, kecuali pada epidermis tumbuhan paku dan sel penutup (guard cell) pada stomata.
*      Dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udara mengalami  penebalan, namun dinding sel epidermis bagian dalam yang berbatasan dengan jaringan lain tetap tipis.
*      Mampu membentuk derivat jaringan epidermis seperti stomata, trikoma, sel kipas, sistolit, dan sel silika.
*      Plasma sel merupakan selaput, melekat pada dinding sel dengan sebuah vakuola yang besar di pusat yang berisi cairan sel. Kadang-kadang berisi antosian pada mahkota bunga dan daun Zebrina pendula dan kol merah
*      Plastida umumnya berupa leukoplas, hanya pada beberapa tumbuhan tertentu beberapa Pteridophyta dan tumbuhan air dan tumbuhan yang hidup di tempat teduh dapat dijumpai kloroplas.

*      Dinding luar epidermis biasanya mengandung kutin (senyawa lemak) terdapat diantara / dalam ruang inter fibrilar / inter miselar selulosa. Di sebelah luar dinding luar biasanya dilapisi dengan kutikula. Biasanya kutikula tidak dijumpai pada akar yang tumbuh aktif. Tebalnya kutikula tidak sama pada semua tumbuhan, umumnya lebih tebal pada tumbuhan yang hidup pada habitat kering. Pada permukaan kutikula sering dijumpai endapan lilin yang menyebabkan daun dan buah menjadi berkilat. Dijumpai ada tanaman : Brassica, Dianthus, Saccharum, daun Musa untuk menjaga kelembaban permukaan


Fungsi jaringan epidermis yaitu :

*      Melindungi jaringan-jaringan lain yang ada di bawahnya.
*      Melindungi tumbuhan dari kekeringan
*      Melindungi tumbuhan dari infeksi atau gangguan dari luar. Dengan adanya sel-sel kelenjar yang tumbuh pada epidermis, mengeluarkan racun untuk membunuh serangga atau enzim untuk mencerna serangga yang terperangkap.
*      Tempat pertukaran zat

*      Melakukan modifikasi menjadi alat tambahan (derivate epidermis) yaitu: 
1.                      Modifikasi membentuk stomata pada permukaan daun Stomata sangat penting untuk menunjang proses respirasi dan fotosintesis. Stomata adalah lubang atau celah yang terdapat pada epidermis organ tumbuhan yang dibatasi oleh sel khusus yang disebut sel penutup. Sel penutup dikelilingi oleh sel-sel yang bentuknya sama atau berbeda dengan sel-sel epidermis lainnya, dan disebut sel tetangga. Sel tetangga berperan dalam perubahan osmotic yang menyebabkan gerakan sel penutup yang mengatur  lebar stomata. Letak stomata kebanyakan berada di bawah daun.
 2.                      Modifikasi membentuk lentisel, yaitu daerah di lapisan gabus dengan susunan sel yang cukup renggang. Lentisel berperan dalam pertukaran gas di batang.


3.                      Modifikasi membentuk trikoma. Trikoma berasal dari sel-sel epidermis, biasanya berbentuk rambut, sisik dan duri. Rambut akar adalah perluasan sel epidermis yang berfungsi mengoptimalkan penyerapan air dan mineral dari dalam tanah. Sulur pada tumbuhan memanjat berfungsi melekatkan batang pada tempat tumbuhnya.
Fungsi trikoma :
1.      Mengurangi penguapan (apabila terdapat pada epidermis daun)
2.      Meneruskan rangsang
3.      Melindungi tumbuhan dari gangguan hewan
4.      Membantu penyebaran biji
5.      Membantu penyerbukan bunga
6.      Menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah


4.                      Sel kipas . sel kipas tersusun dari beberapa sel berdinding tipis dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sel-sel epidermis di sekitarnya. Sel kipas berfungsi mengurangi penguapan dengan menggulung daun..

Tidak ada komentar: