Minggu, 18 November 2012

PIDATO TENTANG BAHAYA MEROKOK

Assalamu’alaikum wr. Wb
Salam sejahtera untuk kita semua
Yth Kepala SMA Negeri 2 Kandangan
Yth Dewan guru beserta staf tata usaha SMA Negeri  2 Kandangan
Serta teman-teman sekalian yang berbahagia
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat, hidayah, dan inayah-Nya jualah, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Salawat dan salam tidak lupa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta sahabat, kerabat dan pengikut-pengikut beliau hingga akhir zaman nanti.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato bertema “BAHAYA MEROKOK” dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional, tanggal 12 november yang jatuh pada hari ini.
Hadirin yang berbahagia,
Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya karena setiap jam, setiap hari, pasti kita jumpai, dan juga banyak orang yang tahu bahaya merokok, apalagi bagi orang yang tiap hari menghisap rokok, karena dalam setiap bungkus rokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok, seperti ini : MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANGKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Tapi anehnya meski pada kemasan rokok sudah tercantum tulisan tentang bahaya rokok yang sangat menakutkan, tapi tidak banyak yang peduli bahkan setiap hari jumlah perokok kian bertambah.

Rokok mengandung banyak zat kimia yang berbahaya seperti TAR yang dapat merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker. NIKOTIN yakni jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin inilah membuat pemakainya kecanduan. Lalu KARBON MONOKSIDA (CO) Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen yang dapat menganggu kerja otak dan masih banyak lagi zat lainnya yang tidak layak untuk dikonsumsi tubuh kita.
Hadirin yang berbahagia,
Untuk itu kita sebagai masyarakat yang sadar kesehatan harus melakukan sesuatu untuk mensosialisasikan bahaya merokok. Seharusnya semua pihak, baik pemerintah, orang tua dan sekolah harus melakukan sosialisasi bahaya merokok terutama bagi pelajar.
Membudayakan hidup sehat harus dimulai dari sekarang dan tinggalkan rokok sebelum rokok meninggalkan kita dengan berbagai macam penyakit. Orang yang cinta pada diri sendiri, keluarga dan teman-temannya pasti akan segera berhenti merokok karena kesehatan kita dan orang yang kita cintai adalah segala-galanya.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya. Terima kasih atas perhatiannya. Apabila ada kesalahan dalam saya menyampaikan pidato saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Poskan Komentar